Sabtu, 23 Oktober 2010

Karim Halim


Karim Halim adalah sastrawan Indonesia yang memiliki nama samaran R.O. Hanka, Atma Anoma, dan Sekarijadi. Karim Halim (lahir di Balingka, Agam, Sumatera Barat, 18 Desember 1918; umur 91 tahun). Karim menganut agama Islam.Latar Belakang Pendidikan

Sekolah Dasar Karim bernama Sekolah Melayu, pendidikan dasar Karim ini diselesaikan di tanah kelahirannya. Kemudian Karim bersekolah di Sachakel dan dilanjutkan ke sekolah Mulo. Pada tahun 1941, Karim melanjutkan sekolah di HIK Muhammadiyah di Kota Solo. Tahun 1955, Karim memperoleh sertifikat UNESCO.

Latar Belakang Kesastraan

Karim Halim dalam berkarya kadang-kadang menggunakan nama samaran RO Hanka. Kegemaran menulis sejak sekolah. Puisi-puisi Karim sering dimuat dalam Adil, Panji Islam, Pedoman Masyarakat, Islam Raja, dan Pujangga Baru, yaitu nama koran dan majalah yang terbit sebelum zaman Jepang. Puisi-puisi Karim yang diciptakan pada masa itu bernada sedih. Di masa pujangga baru, puisinya banyak dilatarbelakangi oleh pendidikannya, yaitu bernapaskan Islam, seperti salah satu puisinya yang berjudul "Goda".


Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar